3 Aliran Teori Manajemen


1. Teori Organisasi Klasik
Aliran ini dipelopori oleh Henri Fayol, yang mencoba untuk mengenali prinsip-prinsip dan ketrampilan yang mendasari manajemen yang efektif. Mempunyai persamaan dengan aliran sebelumnya, dalam hal penggunaan metode ilmiah. Berbeda dengan aliran sebelumnya, dalam hal sudut pandang terhadap suatu organisasi. Taylor melihatnya dari fungsi organisasi, sedangkan Fayol melihatnya secara keseluruhan dan memusatkan perhatiannya pada manajemen.

2. Aliran Perilaku
Aliran ini muncul karena dengan pendekatan klasik tidak dapat dicapai efisiensi produksi dan keserasian kerja. Karena itu perlu dicari upaya mengatasi masalah organisasi dengan melihat dari sisi pola tingkah laku pekerja, terutama hubungan antar manusia (human relations). Teori ini didukung oleh para ahli dalam bidang ilmu sosial dan psikologi.

3.
Aliran Ilmu Manajemen
Aliran ini merupakan hasil pemikiran dari Tim Operational Research yang dibentuk oleh kalangan militer Inggris dan Amerika pada Perang Dunia II. Tujuan dibentuknya tim tersebut adalah untuk membantu mengelola operasi militer dengan sumber daya dan input yang terbatas. Tim tersebut terdiri dari ahli matematika, ahli statistik, ahli strategi militer, ahli ekonomi, ahli manajemen dan ahli-ahli ilmu sosial lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar